MENDETEKSI KERUSAKAN PADA MEMORI (KOMPUTER TIDAK MAU MENYALA)

a

komputer mati ? tidak mau menyala ? hmm gak usah bingung, banyak faktor dalam hal ini, namun dalam kasus ini, saya akan menjelaskan langkah-langkah dalam mendeteksi gangguan memori pada komputer. jika kasusnya terdapat pada memori, maka di bawah ini akan saya jabarkan cara mendeteksi gangguan pada memori, berikut penjelasannya…

  1. komputer mati mendadak dan tidak mau hidup kembali SEBELUM KABEL POWER KE STOP KONTAK DICABUT

 b

Jika hal ini terjadi, kemungkinan terbesarnya bisa disebabkan  power supply yang kurang baik dalam kinerjanya. Power supply berungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya.

2. Komputer mati mendadak namun masih dapat hidup kembali setelah tombol power di tekan.

kipas-laptop

Dalam hal ini, yang pertama di cek  adalah suhu processor. Dalam pengecekannya Anda harus masuk ke BIOS. Bila suhu terlalu tinggi,Anda bisa oleskan Thermal Paste. Cek juga kipasnya, mungkin kipas tidak terpasang dengan sempurna dan heat sink yang mungkin sudah kotor.

Faktor kedua bisa muncul dari RAM. Lepas RAM Anda, cara membersihkan RAM adalah dengan menggunakan penghapus, tugas Anda membersihkan kaki-kakinya, namun dalam proses pembersihan diusahakan agar tanggan anda tidak menyentuh kaki-kaki RAM tersebut, posisi yang baik adalah memegang ram pada kedua sisinya. Setelah selesai Anda bisa pasang kembali RAM tersebut.

 SANYO DIGITAL CAMERA

       3. Komputer mati mendadak lalu mengeluarkan bunyi beep berulang kali

Kurang sempurnanya posisi RAM bia jadi penyebabnya. Mungkin juga RAM Anda yang rusak atau jebol. Mengganti RAM adalah langkah terbaik, Anda bisa melepaskan RAM dengan menekan tuas pada kedua sisinya, mengganti dengan yang baru kemudian memasukan RAM kembali dengan posisi yang benar, usahakan agar RAM terkunci dengan baik.

 images

       4. Komputer mati mendadak lalu mengeluarkan bunyi beep panjang

Pada faktor ini, restart PC Anda. Bila monitor masih bisa mengeluarkan gambar (booting atau yang lain), artinya VGA anda tidak terpasang dengan benar atau VGA kotor.
Dalam membersihkannya, lepas VGA, lalu bersihkan kipas dan heat spreadernya, bersihkan kaki-kakinya dengan karet penghapus seperti saat membersihkan RAM tadi, pasang kembali dengan posisi sempurna.

Demiakianlah langkah-langkah dalam mendeteksi ganguan pada memori, mudah bukan ? selamat mencoba dan semoga berhasil!

Terimakasih :)
Sumber gambar : https://www.google.com/

About these ads
This entry was posted in Teknologi Informasi and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s